
Website Resmi
Desa Sarirejo
Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan - Jawa Tengah
Admin Sarirejo | 06 Februari 2022 | 198 Kali dibuka

Artikel
Admin Sarirejo
06 Februari 2022
198 Kali dibuka
Aplikasi ini dibuat dalam rangka untuk mempermudah akses warga dalam melakukan permohonan surat secara mandiri. Kehadiran aplikasi ini diharapkan dapat mempercepat pelayanan publik pemerintah desa kepada warga dalam hal administrasi persuratan.
Aplikasi Layanan Mandiri OpenSID hadir guna menjawab tantangan ke depan, bahwa digitalisasi di Indonesia perlu dimulai dan berawal dari tingkat desa.
PANDUAN LAYANAN MANDIRI
DOWNLOAD PANDUAN LAYANAN MANDIRI VERSI PDF
Fitur Aplikasi Layanan Mandiri OpenSID
Adapun fitur yang tersemat di aplikasi ini di antaranya adalah:
1. Pengajuan Surat
Fitur ini adalah fitur utama yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Warga desa dapat melakukan permohonan surat secara online melalui aplikasi. Data permohonan yang telah diajukan akan diteruskan ke admin desa untuk ditindaklanjuti.
Admin desa akan mendapatkan notifikasi ketika ada warga yang mengajukan permohonan. Notifikasi dapat diakses melalui halaman dasbor aplikasi OpenSID web.
Setiap melewati proses tindaklanjut, warga dapat melihat status perkembangan suratnya melalui aplikasi ini. Ketika surat telah selesai diverifikasi dan dicetak oleh admin, warga dapat mengambil dokumen fisiknya di kantor desa dengan membawa dokumen persyaratan yang tertera di aplikasi.
2. Arsip Pengajuan Surat
3. Dokumen Kependudukan dan Salinan KK
Beberapa surat yang bisa diajukan secara mandiri oleh warga biasanya membutuhkan dokumen pendukung sebagai persyaratan agar surat yang diajukan dapat dilayani oleh admin. Nah, fitur ini berguna untuk mengunggah dokumen-dokumen tersebut agar nantinya dapat dipakai untuk melakukan permohonan surat. Selain itu, dokumen yang telah diunggah dapat diunduh kembali apabila sewaktu dibutuhkan oleh warga yang bersangkutan.
4. Berita Desa
Warga dapat membaca berita dan artikel yang telah diterbitkan oleh admin. Berita yang diterbitkan biasanya berkaitan dengan desa, misalnya berita tentang kegiatan desa, baik yang telah selesai maupun yang akan datang.
Dengan adanya fitur ini, warga bisa mengetahui perkembangan desanya hanya dengan berbekal ponsel di tangan.
5. Pengaduan dan Pelaporan
Warga desa dapat melakukan pengaduan jika terdapat layanan yang dirasa kurang optimal. Dengan adanya laporan dan pengaduan, pemerintah desa bisa berbenah melakukan evaluasi dan perbaikan layanan sehingga dapat lebih baik lagi ke depannya.
Fitur ini dapat menjembatani komunikasi warga dengan pemerintah desa, harapannya tercipta partisipasi aktif masyarakat dalam memberikan aspirasi dan saran agar kinerja pemerintah desa bisa lebih baik dan membawa desa lebih maju.
Kirim Komentar
Komentar Facebook
Statistik Desa

Populasi
1928

Populasi
1907

Populasi
0

Populasi
3835
1928
LAKI-LAKI
1907
PEREMPUAN
0
BELUM MENGISI
3835
TOTAL
Aparatur Desa

Kepala Desa
AGUS ALIM, A.Md

Sekretaris Desa
SUHADI

Kaur Perencanaan
SURATMIN

Kasi Pemerintahan
SUWITO

Kaur Keuangan
SUNDARU

Kasi Pelayanan
WARSONO

Kasi Kesejahteraan Rakyat
AHMAD IHSANUDIN

Kadus Galsari
AHMAD NURUL HUDA

Kadus Tambak
TRISNO

Kadus Karangjati
SRI PADMI

Kadus Tengger
SUNARTO

Kadus Setren
SLAMET



Desa Sarirejo
Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah
Hubungi Perangkat Desa untuk mendapatkan PIN
Masuk
Arsip Artikel

161 Kali dibuka
LOUNCHING TAMAN BALE SARI SARIREJO (PART 1)...

144 Kali dibuka
MALAM PUNCAK HUT KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA...

143 Kali dibuka
KARNAVAL NUSANTARA BARU INDONESIA MAJU SARIREJO BAHAGIA...

135 Kali dibuka
PELATIHAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN DESA WISATA...

130 Kali dibuka
RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT) GAPOKTAN SARI TANI TUTUP BUKU TAHUN 2023...
Agenda

Belum ada agenda terdata
Sinergi Program
Komentar
Statistik Pengunjung
Hari ini | : | 80 |
Kemarin | : | 174 |
Total | : | 15.597 |
Sistem Operasi | : | Unknown Platform |
IP Address | : | 216.73.216.171 |
Browser | : | Mozilla 5.0 |
Komentar yang terbit pada artikel "Panduan Layanan Mandiri"